RSUD Dr Mohamad Saleh Probolinggo tahun ini memperingati hari ginjal sedunia (World Kidney Day) pada tgl 14 maret 2019 dengan mengusung tema “Kidney  Health For Everyone Everywhere” atau “ Ginjal sehat untuk setiap orang dimana saja “ dan peresmian komunitas Hemodialisa Probolinggo yang diberi nama PRODITY ( Probolinggo Dialisis Community).

Tema ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan Ginjal bagi siapa saja dan dimana saja yang juga dilakukan di Indonesia. Pencegahan penyakit ginjal ini penting untuk menekan insiden penyakit ini setiap tahunnya. Data dunia menunjukkan bahwa ada 850 orang di seluruh dunia kini diperkirakan menderita penyakit ginjal dari berbagai sebab. Penyakit Ginjal Kronis ( Chronic Kidney disease/ CKD) menyebabkan setidaknya 2,4 juta kematian pertahun dan sekarang menjadi penyebab kematian keenam tercepat. Data pasien Gagal Ginjal di RSUD sebanyak 120 pasien dan tindakan hemodialisa perbulan sebanyak 820.

Faktor resiko terbesar penyakit ini adalah gaya hidup, seperti merokok, alkohol, kurang aktivitas fisik, dan pola makan tidak sehat. Kebiasaan itu menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti: hipertensi, diabetes, dan obesitas. Selain itu usia dan riwayat keluarga juga bisa menyebabkan penyakit ini. Dr Rizky habibie, SPPD mengatakan bahwa dua penyebab utama penyakit Ginjal di Indonesia adalah hipertensi dan diabetes. Dua penyakit ini bisa menyebabkan gangguan Ginjal dikarenakan di Ginjal terdapat banyak pembuluh darah halus yang fungsinya menyaring darah, hipertensi dan Diabetes mengganggu pembuluh darah di Ginjal sehingga terjadi kerusakan fungsi filtrasi yang lama – lama akan mengganggu fungsi ginjal.

Oleh sebab itu perlu pencegahan dan manajemen  penyakit ginjal, Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUD Dr Mohamad Saleh Probolinggo bekerja sama dengan unit Hemodialisa ( layanan cuci darah ) menyelenggarakan kegiatan yang dapat memberikan semangat dan dukungan positif bagi pasien/penderita penyakit ginjal agar tetap bisa berkarya dan meningkatkan kualitas hidup mereka dalam segala kondisi. Pada peringatan WKD th 2019 ini RSUD Dr Mohamad Saleh Probolinggo mempunyai konsep acara sebagai berikut :

  1. Mini talk show tentang “Pentingnya kesehatan ginjal untuk semua orang dimana saja”
  2. Peresmian komunitas pasien hemodialisa RSUD Dr Mohamad Saleh Probolinggo
  3. Lomba cipta karya menu diet untuk pasien gagal ginjal
  4. Pemeriksaan kesehatan gratis, konsultasi gizi
  5. Bazaar amal yang diikuti oleh keluarga pasien di unit Hemodialis.

Dengan dibentuknya komunitas bagi penderita Gagal Ginjal kronis yang melakukan hemodialisa diharapkan sebagai wadah komunikasi untuk meningkatkan derajat kesehatan penderita Gagal Ginjal Kronis. PRODITY didirikan dengan tujuan membina rasa persaudaraan, merasa senasib sepenanggungan, mempererat silahturahmi dan sebagai wadah komunikasi serta bertukar pikiran antar anggota sehingga terbentuk derajat kesehatan yang maksimal bagi setiap anggota PRODITY. (PKRS-Mariana Sigita, S.Kep/2019)